Tuesday, January 19, 2010

TERAMPIL

TERAMPIL

Manusia dituntut untuk mendapatkan atau memperoleh keterampilan. Apakah itu diperoleh melalui pendidikan formal (di sekolah) dan nonformal (di luar kegiatan resmi sekolah seperti lembaga pendidikan dan pelatihan kerja atau kursus) dan informal (di dalam keluarga).

Apakah itu terampil itu?.

Terampil adalah cakap menyelesaikan tugas; mampu dan cekatan. Jadi terampil itu menekankan pada kata cakap, mampu dan cekatan. Kalau begitu apa dong arti kata cakap, mampu dan cekatan itu?. Cakap adalah pandai atau mahir dalam melakukan sesuatu. Mampu adalah kuasa (bisa, sanggup) melakukan sesuatu; dapat melakukan sesuatu. Cekatan adalah cepat mengerti; pinter; cerdik.
Pengertian yang sederhana tentang terampil dapat kita rumuskan yaitu: Terampil adalah seseorang yang pandai dan sanggup serta cerdik (banyak akalnya) dalam memulai, melaksanakan dan penyeselaian pekerjaan.

Apa gunanya terampil?.

Seseorang yang terampil sangat berguna; berguna bagi dirinya dan berguna bagi orang lain, berguna bagi organisasi dimana dia bekerja. Jika sesorang dapat memiliki atau membuat dirinya jadi terampil dalam bidang tertentu maka dia itu sudah memberi kebergunaan atau kebermanfaatan dirinya. Dalam kata lain; memberdayakan diri agar lebih berdaya. Yang berarti pula dia sudah mempunyai nilai atau harga. Artinya, dengan kepemilikan keterampilan tertentu seseorang dapat bekerja dengan orang lain atau melakukan suatu pekerjaan usaha produktif secara mandiri. Dengan seseorang telah bekerja atau membuat pekerjaan sendiri berarti orang tersebut sudah bisa mengatasi permasalahan hidup yaitu dapat menghasilkan uang dari keterampilan yang dipunyai.

Apa tujuannya?.

Tujuan kita (seseorang) mempunyai terampil atau keterampilan dalam bidang tertentu agar menjadi orang yang berguna dan menghasilkan barang atau uang dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup mulai dari yang paling sederhana, sedang dan tinggi.

Bagiamana memperoleh keterampilan itu?.

Pertanyaan yang ringan dan ringan pula jawabanya yaitu belajar dan berlatih. Belajar yaitu pelajari ilmunya serta fahami secara baik, tentang sesuatu yang kita inginkan kita terampil. Tentu kita tidak cukup belajar tentang ilmunya tetapi harus dipraktikan yaitu dengan latihan. Sehingga antara ilmu pengetahuan yang telah kita miliki secara mendalam dan luas dalam bidang tertentu serta mampu mepraktikan itu yang kita sebut dengan orang yang profesional. Seperti yang disarankan: “Perkataan harus sesuai dengan perbuatan”. Kalau hannya perkataan dan tidak diikuti dengan perbuatan itu seperti pepatah yang berbunyi: “Tong kosong nyaring bunyinya”.
Belajar di sekolah formal belajar lebih kepada memperbanyak teori serta pengetahuan sedikit keterampilan. Kalau belajar jalur nonformal teori dan praktik sama-sama diperkuat. Seperti halnya program Diklat di instansi pemerintahan dan organisasi-organisasi linnya. Belajar informal yaitu belaja di dalam keluarga seperti anak belajar dari kedua orangtunya. Biasanya kalau orangtunya pedangang maka anaknya juga bisa dagang.

Perlu kita garisbawahi bahwa belajar keterampilan yang kita maksud disini adalah belajar keterampilan yang positif. Bukan dalam arti negatif seperti: terampil mencopet, maling, korup, pungli, berbohong, menipu dsb.

Jika Anda mempunyai kemampuan otak yang bagus dan mampu dalam keuangan perlu mengikuti pendidikan formal yang setinggi-tingginya, jika Anda kemampuan otaknya ada tetapi tidak didukung dengan kemampuan keuangan atau sebaliknya kemampuan otaknya tidak mampu/kurang mampu tetapi mampu dalam keuangan (pendanaan) maka yang cocok mengambil jalur pendidikan nonformal agar tidak stress. Persiapkan diri Anda untuk bisa bekerja atau produktif bukan mempersiakan diri Anda jadi tidak produktif; pengagguran. Pengangguran merupakan virus yang akan menyerang orang yang bermental lemah dan akan membuat orang semakin tidak berdaya dan bisa berakibat fatal.

Pertanyaan sebagai penutup adalah: Keterampilan apa yang sudah kita punyai sebagai salah satu modal untuk mengelo hidup kita dan yang bisa kita andalkan?. Yang belum ada maka diadakan dan yang sudah ada digunakan untuk tujuan yang sangat berguna.

1 comment:

  1. Spinitz Titanium - Titsanium-Arts
    Spinitz Titanium - Titsanium-Arts | titanium alloy The Titsanium-Arts | Titsanium-Arts t fal titanium pan | Titsanium-Arts | microtouch titanium Titsanium-Arts | Titsanium-Arts aluminum vs titanium | Titsanium-Arts titanium vs ceramic flat iron | Titsanium-Arts.

    ReplyDelete